Penjualan Komputer Anjlok

Penjualan Komputer Anjlok
Pengunjung mengamati aksesoris komputer dan ponsel yang ditawarkan di Pameran Indocomtech 2014 di JCC, Jakarta, 29 Oktober 2014. TEMPO/Tony Hartawan
TEMPO.CO, Makassar - Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia Sulawesi Selatan Eddy Salim mengatakan penjualan komputer di Sulawesi Selatan selama tahun 2014 menurun dibandingkan tahun 2013. Salah satu penyebabnya adalah kondisi politik di tahun 2014 yang penuh dengan agenda pemilihan kepala daerah, dewan perwakilan rakyat, dan presiden. "Selain itu juga banyaknya produk smartphone juga ikut menggerus pangsa pasar komputer," kata Eddy kepada Tempo saat Makassar Computer Expo 2014 di Celebes Convention Center, Rabu, 29 Oktober 2014.

Menurut Eddy, banyak pengusaha komputer Makassar Trade Center yang merugi. Sebagian pengusahaan lain terpaksa beralih ke produk smartphone untuk bisa bertahan. "Jika pemerintah tidak membantu, maka MTC bisa tutup," katanya.

Sementara itu Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia Sulawesi Selatan Wandy Effendi mengatakan penjualan komputer secara nasional pada 2013 mencapai 4.3 juta unit. Tahun ini diprediksi bakal turun hingga dibawah 4 juta unit. "Bahkan di Sulawesi Selatan, sejak Januari sampai Juli penjualan toko komputer turun 50 persen," katanya. Ia memprediksi bisnis komputer akan terus lesu hingga 2015 nanti. Apalagi jika pemerintahan menaikkan harga bahan bakar minyak. "

Manajer Cabang PT Dyandra Promosindo Mawardha DJ mengatakan, turunnya minat masyarakat membeli komputer itu juga berpengaruh pada menurunnya jumlah pengunjung di Makassar Computer Expo tahun ini. "Tahun ini jumlahnya memang sedikit menurun. Biar ramai, kami tandem dengan pameran dinas koperasi," katanya.

MUHAMMAD YUNUS

Sumber : Penjualan Komputer Anjlok
Previous
Next Post »